Previous
Next

Surat Bisnis

Cara Membuat Surat Keterangan Domisili (SKD) Perusahaan

Untuk beberapa keperluan terkadang perusahaan kita diminta untuk menunjukkan SKD, atau Surat Keterangan Domisili. SKD ini gunanya untuk membuktikan bahwa benar perusahaan kita berdomisili seperti yang kita cantumkan. Hal ini untuk mencegah penipuan-penipuan.

Syarat-syarat pembuatan Surat Keterangan Domisili

  • Fotokopi KTP penanggung jawab perusahaan
  • Fotokopi bukti pembayaran PBB Lunas tahun terakhir
  • Fotokopi akta pendirian perusahaan

 

Mari kita bahas cara membuat SKD / Surat Keterangan Domisili Perusahaan / Usaha:

  1. Persiapkan Syarat-Syarat untuk membuat Surat Keterangan Domisili.
  2. Bawa persyaratan diatas ke RT dimana perusahaan Anda berada. Minta pada ketua RT surat pengantar pembuatan SKD atau Surat Keterangan Domisili.
    Pada tahapan ini, biasanya akan diminta sumbangan sukarela untuk RT. Besaran sumbangan sangat variatif, tergantung dari daerah dan lingkungan Anda berada, biasanya berkisar mulai 5ribu hingga 100ribu rupiah.
  3. Bawa surat pengantar dari RT setempat ke RW setempat. Minta surat pengantar juga kepada ketua RW, dan seperti biasa kita akan diminta memberi uang kas. Kadang uang kas bersifat sukarela, namun kadang beberapa RW menentukan standar minimalnya. Biasanya juga berkisar 5 hingga 100 ribu.
  4. Bawa semua persyaratan beserta pengantar dari RT RW ke kelurahan setempat. Anda akan diminta untuk mengisikan formulir SKD, dan menyerahkan syarat-syaratnya. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3 hari hingga SKD tersebut jadi.

 

Biaya Pembuatan SKD / Surat Keterangan Domisili

Dalam formulir Surat Keterangan Domisili, biasanya tercantum tulisan bahwa tidak dipungut biaya untuk pembuatan SKD, namun pada prakteknya, Anda pasti akan diminta untuk memberikan uang sumbangan. Dan uang sumbangan ini menurut saya sebagian besar adalah untuk masuk ke kantong pribadi aparat-aparat kelurahan.

Beberapa hari yang lalu saya mengurus proses SKD, dan di kelurahan dimintai uang sebesar 600ribu rupiah, tanpa kejelasan peruntukannya. Tapi sebenarnya biaya itu masih bisa di nego. Ada beberapa rekan menyarankan jika mengurus SKD, bilang ke petugas kelurahan untuk keperluan pajak, biasanya bisa dimurahin hingga kisaran 100ribu rupiah.

Begitulah negara kita :)

 

Cara Cepat Mengurus SKD / Surat Keterangan Domisili Usaha Via Notaris

Bila sibuk dan kurang waktu untuk mengurus SKD, ada cara cepat dan singkat untuk membuat Surat Keterangan Domisili. Silahkan hubungi notaris terdekat, dan minta dibuatkan SKD. Biaya yang diperlukan biasanya berkisar 800ribu hingga 1juta rupiah. Anda akan terima beres dalam waktu 3 hingga 6 hari.

 

Semoga membantu :)

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Prosedur domisili. Cara bikin akte pendirian perusahaan. Langkah pembuatan domisili perusahaan. Konsep surat berdomisili. Contoh surat keterangan domisili di rt setempat. Cara pembuatan surat surat notaris. Bagaimana mendapatkan surat keterangan domisili.

Syarat buat domisi pribadi. Syarat ngurus keterangan domisili di kelurahan. Syarat syarat mengurus izin domisili perusahaan. Contoh surat keterangan domisili pribadi. Biaya urus surat keterangan domisili usaha. Cara bikin surat keterangan usaha dari kelurahan. Syarat mendirikan perusahaan.

Formulir surat keterangan tempat tinggal. Prosedur pembuatan domisli. Cara mengurus domisili. Persyaratan untuk mendapatkan surat keterangan domosili perusahaan. Cara mengurus keterangan domisili. Dmn bsa memperolh surat kterangan domisili.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.