Previous
Next

Tutorial / Panduan

Cara Membuat Resume Yang Baik

Resume atau biasa juga disebut daftar riwayat hidup merupakan salah satu hal yang penting bagi seseorang yang sedang melamar kerja.
Resume adalah bagian pertama yang akan dibaca dan diperhatikan oleh pihak penerima kerja. Sehingga resume harus bisa menceritakan secara singkat dan detail tentang seorang pelamar.

Sangat penting untuk membuat resume yang menarik untuk dibaca karena tentu kita tidak mau kehilangan kesempatan untuk mengisi posisi yang sedang kosong hanya karena resume kita yang tidak menarik.


Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat resume yang baik :

1. Dalam membuat resume kita harus jujur dan jangan berbohong. Kita harus parcaya diri bahwa kita mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki orang lain
2. Usahakan untuk membuat resume yang singkat tetapi padat. Karena kita akan mempunyai waktu untuk bercerita panjang lebar mengenai pendidikan, pengalaman kerja, dll pada saat sesi wawancara
3. Selalu memperhatikan tata bahasa, tanda baca, dan ejaan yang benar.
4. Resume harus gambalng dan jelas serta tidak berbelit belit
5. Pastikan bahwa resume yang kita buat mudah dibaca dan mudah dicerna oleh siapapun.
6. Gunakan kertas putih polos tanpa background. Hindari juga penggunaan form resume yang banyak dijual di toko-toko.
7. Sebaiknya CV tidak ditulis tangan, melainkan diketik dengan menggunakan jenis huruf dan ukuran yang standar.
8. Lampirkan pas foto terbaru ukuran 3x4 atau 4x6 yang berwarna dan mengenakan pakaian resmi.
9. Lampirkan juga foto copy dokumen pendukung seperti ijasah, transkrip nilai, dll


Resume yang baik adalah resume yang memuat semua informasi tentang kita, padat, dan "menjual".  Adapun urutan penulisan resume yang baik adalah sebagai berikut :
1. Data Pribadi
kita harus mencantumkan identitas pribadi dengan jelas mulai dari nama, alamat, jenis kelamin, status, tempat dan tanggal lahir, agama, status perkawinan, informasi kontak, dll
2. Pendidikan
kita harus mencantumkan pendidikan formal maupun non formal yang pernah kita enyam mulai dari tahun masuk, tahun lulus, jurusan, dll
3. Kemampuan / keahlian
kita perlu menjelaskan dengan singkat keahlian yang kita miliki yang tentu saja berhubungan dengan posisi pekerjaan yang kita lamar. Ingat, jangan pernah berbohong mengenai kemampuan / keahlian yang kita miliki.
4. Pengalaman kerja
apabila kita pernah bekerja pada lebih dari satu perusahaan, maka kita harus mengurutkan mulai dari pekerjaan yang terakhir. Cantumkan nama perusahaan, alamat perusahaan, jabatan, tahun masuk, tahun keluar, serta deskripsi singkat pekerjaan kita saat itu.
5. Pengalaman organisasi (apabila ada)
pengalaman organisasi hanya dicantumkan apabila pengalaman organisasi itu berhubungan dengan posisi pekerjaan yang sedang kita lamar.
6. Referensi kerja
referensi kerja sangat penting. Usahakan hanya mencantumkan nama dan nomer telp seseorang yang memang benar-benar mengenak kita dan bisa memberikan informasi yang positif mengenai kita.
 

Video

Video menulis resume

Ini adalah video menulis resume yang baik.

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pengertian resume. Resume adalah. Resum. Arti resume. Contoh resume buku. Cara meresume buku. Http://carapedia.com/resumebaik_info146.html.

Resum adalah. Cara membuat resume. Contoh resum. Apa itu resume. Meresum. Cara meresume. Contoh resume yang baik.

Contoh resume makalah. Contoh cara meresume buku. Contoh resume buku yang baik. Cara membuat resume buku. Cara membuat resume kegiatan. Cara membuat resume yang baik dan benar.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.