Previous
Next

Masakan Eropa

Cara Membuat Donat

 

Setiap orang pasti pernah makan atau bahkan menyukai donat. Penganan sederhana dengan lobang di tengah bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kita mulai dari harga Rp 500,- sampai Rp 7.000,- an dengan aneka topping yang menarik.


Membuat donat sangatlah mudah. Bahkan donat bisa dibuat tanpa harus menggunakan mixer. Dengan menguleni secara manual pun bisa menghasilkan donat yang tidak kalah lezatnya dengan donat yang dijual di gerai-gerai terkenal.
Berikut ini panduan cara membuat donat beserta tips-tipsnya.


Donat Almond
:: Penulis : Fatmah Bahalwan


Bahan A:
500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula pasir
11 gr   ragi instant
4 btr   kuning telor
200 ml  air

Bahan B:

100 gr  mentega/margarine
1 sdt   garam

Bahan C (untuk topping):

200 gr  White Cooking Chocolate, lelehkan
100 gr  Almond Slice panggang

Cara membuat:

1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, uleni terus hingga kalis elastis.
Adonan yang kalis elastis akan berbentuk seperti ini :





2. Bulatkan adonan istirahatkan 10 menit, langsung potong dan timbang 40gr.





3. Bulatkan mulus, tata dalam loyang yg sudah dipoles mentega dan ditabur tepung, istirahatkan 20 menit.





4. Lubangi tengahnya, lalu goreng hingga matang. Tiriskan. Dinginkan.
5. Celup satu sisi permukaan donat dalam coklat leleh, taburi almong. Dinginkan agar coklat beku. Kemas dalam plastik kilap.


Tips :
# Bila kita menguleni manual, gerakan menguleni kita seperti gerakan orang yang sedang mencuci. Tarik sedikit, satukan, kemudian tarik lagi dan satukan. Seperti itu secara berulang ulang.
# Pada saat proofing /pengembangan adonan, usahakan untuk menutup adonan dengan serbet yang telah dibasahi atau bisa dimasukkan ke dalam oven yang mati supaya permukaan adonan tidak kering
# Apabila adonan tidak langsung sekali habis, kita bisa menyimpan adonan (yang telah elastis, sebelum proses proofing dan rounding) ke dalam freezer dengan cara memasukkan adonan ke dalam wadah tertutup atau bisa juga disimpan dalam plastik dan ditutup rapat dan ditaruh di freezer. Pada saat akan digunakan, keluarkan adonan dari freezer dan thawing adonan sampai ke suhu ruang, setelah itu bisa melanjutkan langkah 2 sampai selesai seperti cara pembuatan pada resep di atas
# Lebih baik bila menggoreng donat menggunakan minyak padat yang bisa dibeli di toko bahan kue, tetapi bila tidak ada minyak padat, kita bisa menggunakan minyak goreng biasa dengan ditambah 1-2 sednok makan margarine putih. Tujuannya supaya donat tidak banyak menyerap minyak pada saat digoreng.
# Goreng donat dengan api kecil dan balik donat hanya pada saat donat sudah berwarna kecoklatan. Jangan pernah mebolak balik donat sampai beberapa kali karena akan membuat penampilan donat tidak cantik.
 

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat toping donat. Cara membuat donat. Cara membuat topping donat. Resep topping donat. Cara buat topping donat. Resep donat tanpa kentang dan telur. Resep donat sederhana.

Membuat topping donat. Http://carapedia.com/donat_info132.html. Resep donat bakar. Www.resep.donat.com. Resep kue mamul. Cara mencetak donat. Cara bikin donnat toping.

Donat toping. Cara bikin toping donat. Cara membuat isi coklat untuk donat. Resep toping donat coklat leleh. Cara bikin donat tanpa pakai kentang. Topping donat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
16 Jun 2011 01:23
ahmad
makasih infony
 
admin
terima kasih kembali